Jumat, 11 September 2020
Solusi Hotspot HP Android Terbaca Di PC / Laptop Tetapi Tidak Bisa Konek Internetnya
SUMBER:http://gigatravell.blogspot.com/2016/10/solusi-hotspot-hp-android-terbaca-di-pc.html
- Solusinya
1. Klik kanan tanda signal di PC/Laktop
2. Klik Kiri Tulisan "Open network and Saring Center". Lihat gambar dibawah ini:
3. Klik Tulisan "Manage wireless networks" Lihat gambar dibawah:
4. Klik kanan ikon(gambar) dafter, kemudian pilih "Remove network" Jika ada banyak ikon adafter bekas rambahan yang terlihat silahkan remove semua profile adafter yang ada. Lihat gambar dibawah:
5. Langkah terahir klik ikon signal diseblah kanan sejajar dengan tangan kanan kita lalu klik "Connect"
Cara menggunakan GOOGLE MEET dan presentasi di laptop/PC
SUMBER :https://de-tekno.com/2020/06/cara-menggunakan-google-meet-dan-presentasi-di-laptop-pc/
Sebelumnya, untuk membuat meeting di Google Meet hanya yang memiliki akun G-Suite saja, sedangkan akun pribadi hanya bisa menggunakan Google Meet sebagai peserta undangan saja. Namun sejak sebulan ini, Google Meet digratiskan untuk semua akun Google. Akun pribadi / personal juga sudah bisa membuat meeting menggunakan Google Meet.
Berikut cara menggunakan Google Meet dan melakukan presentasi di
laptop/PC. Untuk menggunakan Google Meet di laptop/PC, syaratnya,
– koneksi ke jaringan internet
– punya akun Google
–
ada camera webcam, karena memang Google Meet adalah salah satu jenis
aplikasi untuk melakukan komunikasi video atau video call. Untuk
menggunakan Google Meet di laptop PC, cukup dengan menggunakan Chrome
(aplikasi penjelajah internet (browser) dari Google) tanpa harus
meng-install saftware lagi. Berikut cara menggunakan Google Meet untuk
melakukan video meeting atau juga untuk pembelajaran online.
A. Sebagai Host atau Moderator
1.Buka Chrome. Jika belum login, lakukan login dahulu dengan akun Google yang dimiliki
2.Ketik meet.google.com di kotak pencarian. (pakai “.com” bukan “.co.id” ya)
3.Klik Start a Meeting jika anda ingin mengadakan meeting atau sebagai Guru.
4. Sekarang kita sudah siap untuk melakukan Meeting.
Di
sini, code meeting sudah muncul di bawah “Meeting Ready”. Anda bisa
mengirinkan kode linknya sekarang ke pihak yang akan di undang.
5. Klik Join Now, untuk memulai meeting.
6. Jika ada peserta yang
akan bergabung, akan muncul jendela pemberitahuan, klik Admit untuk
mengijinkan peserta bergabung di meeting.
Terhadap peserta meeting, anda bisa mematikan microphone peserta (mute) agar tidak terlalu berisik. Caranya:
– klik Show Every ones, ikon peserta meeting bagian atas.
– klik kepala panah sebelah nama peserta
– klik Mute
Namun, anda sebagai moderator tidak dapat menghidupkan microphone peserta yang anda matikan. Anda bisa meminta peserta menghidupkan microphone-nya sendiri jika peserta tersebut diminta berbicara dalam meeting.
Lihat juga:
– Cara mengganti background Google Meet menggunakan Snap Camera
– Cara menggunakan GOGGLE MEET dan presentasi di hp
Presentasi
Sebelum melakukan meeting, persiapkan materinya terlebih dahulu. Buka
semua file atau dokumen yang akan dipresentasikan, atau jika ingin
menampilkan website atau youtube, buka dulu alamat website atau youtube
di tab Chrome. Untuk menampilkan dokumen ke peserta meeting, klik Present Now (bagian bawah layar), lalu
a. Klik A Windows jika ingin presentasi dokumen yang tadi sudah di buka, atau
b. Klik A Chrome Tab, jika ingin menampilkan website atau Youtube.
c. Klik Entire Screen, jika ingin menampilkan seluruh aktifitas anda.
8. Klik Share, agar peserta meeting dapat melihat apa yang anda presentasikan.
9. Jika selesai presentasi, klik Stop share.
Jika ingin presentasi materi lainnya, ulangi langkah di atas.
Sebaiknya untuk presentasi, gunakan pilhan Windows atau Chrome Tab sehingga yang terlihat oleh peserta hanya layar yang dipresentasikan saja. Tapi jika Entire Screen dipilih, maka seluruh aktifitas anda akan terlihat oleh peserta meeting.
Jika selesai meeting, klik Leave Call, ikon tutup telpon warna merah di bagian bawah layar atau tutup browser Chrome.
B. Sebagai peserta
1. Buka Chrome. Jika belum login, lakukan login dahulu dengan akun Google yang dimiliki
2. Ketik meet.google.com di kotak pencarian.
3. Klik Enter Meeting Code.
Code
anda dapatkan dari pihak yang mengundang meeting, seperti Guru atau
pengajar anda, yang dikirim bisa lewat email atau SMS,WA, dll, lalu
4.
klik Join, kemudian klik Ask to Join, untuk minta ijin bergabung ke
meeting jika memang meeting sudah dimulai, disesuaikan dengan jadwal
meetingnya.
5. Jika diminta melakukan presentasi, anda sebagai peserta meeting bisa lakukan seperti cara presentasi di bagian di atas.
6. Untuk meninggalkan meeting, klik Leave Call di bagian bawah layar.
7. Untuk kembali gabung ke meeting, klik Rejoin.
Semoga bermanfaat.
Lihat juga:
– Youtube Kids: Youtube buat anak-anak (Cara membuat profile dan setup)
– Google Classroom: Menambahkan dan Login dengan akun G Suite serta settings bahasa Indonesia
– Apa bedanya, akun Gmail dan akun G Suite
– Youtube Kids: Youtube buat anak-anak (Cara membuat profile dan setup)
Apa itu SSD (Solid State Drive), apa bedanya dengan Hardisk (HDD)?
SUMBER :https://de-tekno.com/2015/05/apa-itu-ssd-solid-state-drive-apa-bedanya-dengan-hardisk-hdd/
Kini sudah hadir perangkat penyimpan data pengganti hardisk. Lebih cepat, kinerja tinggi dan konsumsi daya yang rendah. Fungsinya sama dengan hardisk yang selama ini kita kenal namun dilihat dari konstruksi sangat berbeda jauh. Namanya SSD, Solid State Drive. Saat ini jika kita membeli laptop atau ultrabook yang terbaru, mungkin kita akan ditawarkan mau yang menggunakan hardisk biasa (HDD) atau pakai SSD. Mungkin tulisan berikut ini bisa sedikit membantu anda mengambil keputusan saat diberi pilihan antara SSD dan HDD.
Apa itu SSD?
SSD singkatan dari Solid State Drive atau Solid State Disk, adalah
perangkat penyimpan data yang menggunakan serangkaian IC sebagai memori
yang digunakan untuk menyimpan data atau informasi.
Sebagai analogi, kita mungkin tidak asing lagi dengan USB Flash Drive atau USB Thumb Drive atau USB memory stick. Sebuah alat elektronik yang kita gunakan untuk menyiman data, yang sering kita bawa ke mana-mana, yang dicolokkan pada terminal USB komputer saat ingin mengambil atau menyimpan data.
SSD bisa dianggap sebagai versi canggih dari USB Flash drive dengan
kapasitas yang jauh lebih besar dan berfungsi sebagai pengganti Hardisk
yang selama ini digunakan pada perangkat komputer.
Jadi SSD adalah perangkat elektronik yang berfungsi menyimpan data
seperti hardisk (HDD : Hard Disk Drive) namun konstruksinya seperti USB
Flash Drive, yang tersusun dari beberapa IC sebagai memori.
Seperti halnya USB Flash Drive, SSD pun tidak memiliki komponen yang bergerak di dalamnya. Data atau informasi hanya disimpan di dalam microchips. Berbeda dengan Hardisk yang memiliki lengan mekanik yang bergerak ke sana ke mari untuk menulis dan membaca data di atas piringan magnetik. Perbedaan ini membuat SSD bekerja jauh lebih cepat dari pada Hardisk.
Hardisk (HDD) bergerak secara mekanik untuk mangambil dan menyimpan data atau Informasi, sedangkan SSD bergerak secara elektrik untuk menyimpan dan mengambil data atau informasi. Tentu SSD bekerja lebih cepat dibandingkan dengan HDD.
Lihat update terbaru
– Jenis-jenis SSD yang banyak beredar di pasaran.
– Antara M.2, M.2 NVME SSD dan M.2 SATA SSD
Komponen SSD
Umumnya SSD menggunakan apa yang disebut flash memori berbasis NAND. Ini merupakan jenis memori Non-Volatile. Sederhananya, Non-Volatile berarti memori tersebut tetap bisa menyimpan data walaupun tegangan suplai nya dimatikan. Ini merupakan prinsip dasar dari sebuah memori permanen seperti halnnya USB Flash drive.
Pada awalnya, banyak yang meragukan ketahanan data yang tersimpan di dalam memori jenis ini. Mereka beranggapan data hanya bisa tersimpan untuk beberapa tahun saja. Data akan lenyap jika disimpan lebih lama lagi. Namun kenyataannya tidak demikian apalagi dengan teknologi yang terkini. Bahkan data bisa tersimpan dengan aman hingga 200 tahun. Berikut contoh SSD merek Samsung.
Perbandingan SSD dan HDD.
Berikut tabel perbandingan antara SSD dan HDD.
Komponen | SSD (Solid State Drive) | HDD (Hard Disk Drive) |
---|---|---|
Daya | 2 - 3 watt | 6 - 7 watt |
Harga | Masih Mahal | Masih lebih murah |
Kapasitas | Notebook: kurang dari 1TB Desktop: Max 1TB | Notebook: 500GB - 2 TB Desktop: 6 TB |
Waktu booting | 10 - 13 detik | 30 - 40 detik |
Noise (kebisingan) | Tidak memiliki komponen yang bergerak sehingga tidak menghasilkan suara bising | Terdapat komponen bergerak sehingga menghasilkan suara bising |
Getaran | Tidak ada getaran | Ada getaran |
Panas | Tidak ada menghasilkan panas | Menghasilkan panas |
Failure Rate | 2.0 juta jam | 1,5 juta jam |
Kecepatan baca / tulis | Umumnya 200 MB/s, bahkan 550 MB/s untuk SSD yang tercanggih. | Antara 50 – 120 MB/s |
Enkripsi (kode sandi) | FDE (Full Disk Encryption) | FDE (Full Disk Encryption) |
Kecepatan buka file | 30% lebih cepat dari HDD | Lebih lambat |
Imbas Gaya Magnet | SSD aman terhadap imbas gaya magnet | Gaya magnet dapat menghapus data. |
Kesimpulan
Dari tabel di atas terlihat kelebihan yang dimiliki oleh SSD terhadap HDD. Namun demikian semua berpulang kepada anda. Untuk mudahnya, kami berikan kesimpulan berikut.
Pilih yang menggunakan HDD jika:
• Membutuhkan lebih banyak kapasitas, hingga 6 TB
• Tak ingin keluar biaya lebih
• Tidak begitu menghiraukan masalah kecepatan booting dan buka file.
Pilih yang menggunakan SSD jika:
• Anda rela membayar untuk mendapatkan kinerja yang lebih cepat
• Tidak begitu menghiraukan kapasitas.
Semoga bermanfaat…
Artikel terkait:
– Cara menggunakan GOOGLE MEET dan presentasi di laptop/PC
– Cara koneksi perangkat android ke laptop/PC tanpa kabel dengan AirDroid
– Cara menggunakan Zoom pada handphone dan laptop bagi pemula
– Cara mainkan WhatsApp di laptop/Pc (WhatsApp Web)
– Jenis-jenis SSD, Solid State Drive
– Antara M.2, M.2 NVME SSD dan M.2 SATA SSD
Mengatasi problem Wi-Fi pada Windows 10
Sumber :https://de-tekno.com/2016/04/mengatasi-problem-wi-fi-pada-windows-10/
Masalah yang kadang muncul setelah upgrade ke Windows 10 adalah hal yang berhubungan dengan Wi-Fi. Seperti Wi-Fi yang tidak bisa koneksi ke internet, password Wi-Fi yang salah walaupun sudah diisi dengan benar dan mungkin Wi-Fi yang tidak berfungsi setelah laptop/PC dihidupkan atau setelah “sleep”.
Berikut beberapa solusi yang bisa diambil untuk mengatasi masalah Wi-Fi pada Windows 10. Tidak semua harus dikerjakan. Pilih salah satu yang mudah dan teruskan dengan yang lainnya jika masalah masih muncul.
1. Mengatur Wi-Fi Sense
Untuk mengatur Wi-Fi settings silahkan masuk ke:
Settings > Network & Internet > Wi-Fi > Manage Wi-Fi settings.
Kemudian di bagian Wi-Fi Sense, matikan (Off kan) Connect to Suggest open hotspots dan Connect to networks shared by my contacts. Coba koneksikan lagi Wi-Fi nya ke Wi-Fi router atau Wi-Fi Hotspot.
Sebelum dilanjutkan, coba koneksikan PC/Laptop ke internet menggunakan USB Thetering dengan hp nya. Atau menggunakan kabel LAN untuk menghubungkannya ke wifi router. Kemudian lakukan langkah berikut langsung dari PC/laptop.
2. Cek Windows updates
Untuk semua masalah Wi-Fi seperti disebutkan di atas, solusi umumnya
adalah, update drivers. Silahkan lakukan cek Windows update. Caranya
masuk ke bagian Settings > Update & Security > Windows Update > klik Check for Update.
Jika anda baru upgrade ke Windows 10 pada 2016, sudah cukup banyak
update yang tersedia buat Windows 10 ini. Update-update tersebut akan
didownload secara otomatis. Ikuti saja dan biarkan perangkat laptop/PC
menginstall sendiri update-update tersebut. Jika diminta Re-start
lakukan saja.
Dan yang lebih penting adalah biarkan Windows 10 melakukan update secara
otomatis sehingga setiap ada update update baru, Windows 10 akan
melakukan download dan install secara otomatis. Karena update-update
tersebut selain memperbaiki kinerja Windows 10 juga akan membantu
mengatasi “bug” atau masalah pada laptop/PC anda.
3. Kunjungi situs produsen dari laptop/PC anda
Jika setelah melakukan update Windows 10, Wi-Fi masih bermasalah, coba
kunjungi situs produsen laptop/PC yang anda gunakan. Cari dibagian
dukungan/support. Biasanya situs tersebut menyediakan Tool (aplikasi)
untuk menganalisa masalah pada laptop/PC. Gunakan tool tersebut. Lalu
download driver yang disarankan oleh tool tersebut.
Sebagai contoh pada situs produsen laptop merek HP. Situs tersebut bisa langsung mendeteksi seri laptop yang digunakan tanpa harus repot-repot mencari nomor serinya. Di bagian troubleshoot pilih kategori Wireless, Networking dan Internet. Bahkan sudah disediakan pilihan solusi masalah yang ada hubungannya dengan Windows 10. Seperti screenshoot berikut ini.
4. Gunakan generic driver
Untuk komputer desktop yang menggunakan wi-fi card, lihat nama produsen chip komponennya. Gunakan Device manager untuk melihat nama chip wi-fi card yang digunakan. Umumnya chip tersebut dibuat oleh Intel, Realtek, Qualcomm atau Broadcom. Setelah mengetahui nama chips yang digunakan pada wi-fi card, kunjungi situs nya kemudian download driver ang sesuai dengan perangkat komputer anda. Jika menggunakan Intel, situs intel akan dapat mendeteksi perangkat wi-fi dan sistem oprasi yang anda gunakan dan akan memberikan driver yang sesuai dengan perangkat anda.
5. VPN Software
Jika anda pernah menggunakan VPN software pada windows sebelumnya.
Kemungkinan ini juga jadi penyebab masalah dari wi-fi anda setelah
upgrade ke Windows 10. Silahkan kunjungi situs dukungan Microsof Windows 10, kemudian download tool troubleshooter otomatis nya.
Catatan:
Yang kami catat dari Windows 10 ini, selain kinerjanya sangat bagus,
juga membantu mengatasi masalah-masalah yang sebelumnya tak
terselesaikan pada Windows sebelumnya melalui update-update yang
disediakan. Seperti masalah Bluetooth dan Trackpad misalnya. Pada
Windows sebelumnya (Windows 7) masalah Bluetooth dan Trackpad tidak bisa
diselesaikan walaupun sudah update driver. Namun setelah menggunakan
Windows 10, kedua masalah tersebut bisa terselesaikan sendiri oleh
Windows 10 melalui update-update nya. Jadi sebaiknya aktifkan saja
settings update otomatis pada Windows 10.
Artikel terkait:
– Cara sembunyikan “Test Mode Windows 10” pada halaman depan Windows 10
– Cara mengaktifkan fitur Cortana pada Windows 10 untuk wilayah di luar Amerika (US)
– Tampilkan layar laptop windows 8.1 dan 10 ke Smart TV dengan Miracast
– Perbedaan antara Windows 10 dengan Windows 8 dan Windows 7
– 5 hal yang perlu dilakukan setelah upgrade ke Windows 10
– Antara Update, Upgrade dan Clean Install. Apa bedanya?
– Upgrade ke windows 10 tanpa menunggu notifikasi dari Microsoft
– Menghilangkan layar login pada windows 10 setelah restart