Minggu, 09 Agustus 2020

Kamu Perlu Tahu, Ini Pilihan Obat Asam Urat Paling Ampuh

 SUMBER :https://www.gooddoctor.co.id/tips-kesehatan/obat/obat-asam-urat/

 

Para orang tua yang sudah berusia lanjut seringkali mencari obat asam urat bukan? Penyakit yang juga lebih dikenal dengan sebutan gout ini kerap kali menyerang para orang tua.

Asam urat memang tergolong kronis dan disebabkan karena gangguan metabolisme.

Walaupun kini sudah banyak obat asam urat baik tradisional maupun generik, kamu tetap perlu berhati-hati ya. Ketika kadar asam urat berlebihan dalam tubuh dapat membentuk kristal monosodium urat.

Penyakit asam urat. Sumber gambar : http://pixabay.com

Tak hanya itu saja penyakit ini juga dapat menumpuk pada jaringan tubuh terutama pada bagian yang seringkali terasa sakit yaitu sendi.

Perlu kamu ketahui bahwa biasanya penumpukan kristal tersebut terjadi di sekitar persedian jari tangan maupun kaki. Bisa juga pada bagian tubuh lain seperti lutut, dan pergelangan tangan.

Baca juga: Sering Muncul Tanpa Gejala, Kenali Penyakit Batu Saluran Kemih

Obat asam urat tradisional

1. Jahe

Fungsi jahe ternyata bukan hanya sekedar sebagai bumbu dapur untuk makanan saja. Salah satu rempah ini juga bisa digunakan untuk mengobati asam urat.

Obat ini pun lebih mudah untuk kamu beli di berbagai supermarket maupun pasar tradisional.

Ketika kamu mengonsumsi jahe, rasa sakit pada bagian sendi yang disebabkan penyakit asam urat tersebut akan berkurang. Selain itu jahe juga dapat digunakan untuk memperlancar pernapasan serta pencernaan kamu.

Jahe bekerja membersihkan adanya tumpukan purin di bagian darah serta di bagian persendian.

Kamu bisa mengolah jahe tersebut menjadi sop atau bisa dikonsumsi secara langsung dengan membersihkannya terlebih dahulu.

2. Daun seledri

Daun seledri juga bisa sebagai obat alternatif lainnya yang dapat digunakan sebagai obat asam urat. Ketika mengonsumsi seledri sebagai obat asam urat, kamu tak perlu khawatir karena tidak ada efek samping bagi tubuh.

Perlu kamu ketahui bahwa kandungan yang terdapat pada daun seledri antara lain klorin, asam lemak essensial, inositol, asam folat, seng, vitamin B1 serta vitamin A.

Kamu bisa menyajikannya dengan mengambil kurang lebih tiga gram atau lima helai daun seledri.

Kemudian pastikan kamu sudah mencuci dengan bersih. Rebus sampai air mendidih, gunakan air sebanyak 100 cc.

Saring dan tuangkan ke dalam gelas. Langkah akhir kamu bisa meminumnya sebanyak satu kali dalam sehari dengan rutin agar khasiatnya lebih cepat dirasakan.

3. Madu

Obat yang satu ini memang dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain rasanya yang manis, obat ini juga sangat mudah ditemukan. Madu merupakan obat asam urat yang sangat berkhasiat.

Ketika mengonsumsi madu bisa kamu campurkan dengan untuk mengobati penyakit asam urat. Ramuan madu dengan nanas tersebut dianggap sangat efisien untuk penyakit asam urat.

Khasiat madu untuk penyakit asam urat. Sumber gambar : http://shutterstock.com

Cara membuatnya pun sangat mudah. Kupas terlebih dahulu bagian kulit nanas, kemudian pisahkan bagian daging dari kulitnya. Setelah itu iris menjadi bagian yang tidak terlalu tebal. Kemudian letakkan pada blender untuk dijus.

Kamu bisa mengonsumsinya dengan teratur setiap hari agar bisa merasakan khasiat dari ramuan tersebut. Jika mengonsumsinya dengan teratur maka kamu bisa merasakan khasiat dari obat herbal ini.

4. Air hangat

Kamu juga bisa mencoba terapi air hangat. Air hangat bisa menjadi salah satu obat asam urat paling ampuh.

Ketika kamu melakukan terapi air hangat sendiri, hal itu akan meredakan rasa nyeri pada bagian persendian. Air hangat yang digunakan untuk berendam dapat mempelancar sistem dari vaskularisasi atau aliran dari pembuluh darah.

Maka dari itu kotoran-kotoran yang berasal dari purin di pembuluh darah bisa dengan mudah untuk dikeluarkan.

Caranya pun cukup mudah, kamu bisa merendam bagian yang terasa nyeri di air hangat setiap harinya dan biarkan bagian tubuh tersebut relaks sejenak.

Beberapa obat asam urat tradisional di atas bisa menjadi solusi tepat untuk kamu. Sangat baik ketika kamu bisa menggunakan obat-obatan tanpa adanya efek samping. Selain mudah ditemukan, obat-obat tradisional juga aman untuk kesehatan tubuh kamu.

Obat asam urat generik

Tak hanya obat-obat tradisional, kamu juga bisa menemukan obat asam urat yang dapat dibeli di apotek.

1. NSAID

Dilansir dari webmd.com, obat NSAID ini dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan pada sendi selama serangan asam urat terjadi. Jenis yang popular adalah ibuprofen dan naproxen.

Jika kamu menggunakan obat NSAID dalam 24 jam pertama, ini dapat membantu mempersingkat serangan. Cara lain mengurangi rasa sakit ketika serangan asam urat adalah dengan membuat es, istirahat, dan menangangkat sendi.

2. Allupurinol

Obat lainnya yang dapat kamu konsumsi untuk mengobati asam urat yaitu Allupurinol. Obat ini berguna untuk menurunkan asam urat dengan cara menghambat pembentukan asam urat di dalam tubuh.

Namun perlu juga kamu perhatikan bahwa ketika mengonsumsi obat ini dapat menimbulkan efek samping.

Salah satu efek samping yang sering kali timbul dalam penggunaan obat allupurinol adalah sakit perut, pusing, diare, dan rasa gatal di kulit.

3. Colchicine

Colchinie juga merupakan salah satu jenis obat penghilang rasa sakit atau mengurangi peradangan yang terjadi akibat asam urat.

Perlu kamu ketahui bahwa obat asam urat ini bekerja dengan dua cara yang berbeda. Cara pertama untuk mengobati gejala asam urat akut. Kedua, obat ini berguna untuk mencegah kambuhnya asam urat.

obat
Colchicine obat generik asam urat. Sumber gambar : http://shutterstock.com

Jika kamu mulai mengalami gejala asam urat seperti demam dan sendi bengkak, pada umumnya dokter akan menyarankan untuk meminum obat jenis Colchinie sebanyak 2 kali dalam satu waktu.

4. Febuxostat

Febuxostat berguna untuk mengurangi produksi asam urat. Cara bekerja obat ini dengan menghambat pembentukan asam urat yang biasa diberikan untuk penderita yang sudah mengalami penyakit tersebut lebih dari 40 tahun.

Seringkali disepelekan, bahwa ternyata obat asam urat ini tidak boleh diminum bersamaan dengan 6-mercaptopurine (6-MP) atau azathioprine, ya.

5. Pegloticase

Obat jenis ini akan diberikan untuk kamu apabila obat lain yang telah diberikan tidak ampuh lagi.

Biasanya obat asam urat jenis ini diberikan untuk penderita yang memiliki penyakit asam urat kronis melalui pembuluh darah.

6. Probenecid

Obat probenecid berguna untuk membantu tubuh mengeluarkan asam urat yang berlebihan melalui urin.

Ketika mengonsumsi obat ini, kamu akan dianjurkan untuk meminum setidaknya 2 liter air mineral per hari untuk mencegah terbentuknya kristal akibat penyakit asam urat.

Walaupun beberapa obat di atas dapat kamu beli di berbagai apotek. Tetapi ada baiknya jika kamu mengonsumsi obat-obat tersebut sesuai dengan anjuran dokter. Kamu bisa terlebih dahulu melakukan konsultasi ke dokter.

Gejala penyakit asam urat

Tentu saja penyakit tidak dating begitu saja, pasti akan ada beberapa gejala di awal ketika kamu mengidap penyakit asam urat. Ini beberapa gejala penyakit asam urat.

1. Nyeri secara tiba-tiba

Kamu yang kerap kali merasakan nyeri secara mendadak dalam waktu singkat jangan pernah disepelekan. Hal tersebut berarti bahwa tubuh tengah memberikan sinyal adanya penyakit.

Jika nyeri datang lagi beberapa kali hingga membuat sendi bengkak, merah, dan sakit, sudah saatnya kamu harus segera memeriksakannya ke dokter.

2. Nyeri pada malam hari

Banyak orang tidak banyak mengonsumsi air ketika malam hari. Pada saat itulah orang dengan kadar purin tinggi dan kurang minum dapat terserang nyeri.

Serangan nyeri pada malam hari tersebut biasanya berlangsung agak lama hingga menyebabkan sendi nyeri, panas, tidak nyaman ketika tidur. Selain itu kamu penderita asam urat juga memiliki masalah tidur.

3. Demam

Jika kamu merasakan demam di saat bersamaan dengan nyeri persendian itu pertanda bahwa kamu menderita penyakit asam urat. Biasanya sendi yang meradang akan mengakibatkan seseorang demam, kepala pusing, hingga mual berlebihan.

4. Nyeri terjadi secara berulang kali

Kamu perlu wapada ketika nyeri sendi kerap dating. Bisa saja rasa nyeri tersebut bertambah parah. Banyak orang yang terkena nyeri sendi hebat sampai tidak mampu beraktivitas dengan aktif. Bahkan ada juga yang tak bisa bangun dari tempat tidur.

Penyebab penyakit asam urat

Sebelum terserang penyakit asam urat, ada baiknya kamu mengetahui beberapa faktor penyebab timbulnya penyakit asam urat. Berikut faktor-faktor penting terjadinya asam urat:

1. Faktor keturunan

Seringkali kita mendengar bahwa penyakit keturunan memang benar adanya. Hal tersebut juga menjadi salah satu faktor penyebab penyakit asam urat.

Ini berarti, risiko kamu untuk mengalami penyakit asam urat dapat meningkat jika ada salah satu anggota keluarga yang juga mengalami penyakit yang sama.

2. Faktor jenis kelamin

Ternyata ssam urat lebih sering terjadi pada pria. Namun, risiko wanita terkena penyakit ini juga besar. Setelah wanita mencapai usia menopause, justru akan lebih berisiko untuk mengalami penyakit asam urat.

3. Berat badan berlebih

Ketika seseorang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan akan membuat tubuh memproduksi lebih banyak asam urat.

Tentu saja peristiwa tersebut dapat menyebabkan ginjal membuang asam urat, sehingga kadarnya akan berlebihan di dalam tubuh.

Cara ampuh mencegah asam urat di usia muda

Walaupun penyakit asam urat tergolong kronis dan dapat menurunkan kualitas hidup, sebenarnya penyakit ini dapat dicegah.

Usahakan kamu mengurangi konsumsi makanan yang tinggi purin. Kamu bisa mengonsumsi makanan seperti daging merah, makanan laut, kacang-kacangan, dan sayur hijau.

Langkah selanjutnya perlu dicatat bahwa menghindari minuman yang mengandung pemanis fruktosa seperti soda, dan minuman beralkohol dapat mencegah penyakit asam urat di usia muda.

Kemudian lakukanlah olahraga secara rutin dan teratur. Sebaiknya olahraga sebanyak lima kali dalam seminggu dengan durasi 30 menit per hari. Hal itu akan membantu menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar.

Berolahraga secara rutin juga dapat mempertahankan berat badan yang ideal. Tak lupa kamu juga sangat perlu untuk periksa kesehatan secara berkala ke klinik atau rumah sakit.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar asam urat? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Caranya, buka aplikasi Grab kemudian pilih fitur Kesehatan, atau langsung klik di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar