Jumat, 28 Agustus 2020

Pengertian Teks Deskripsi

SUMBER:

https://blog.ruangguru.com/pengertian-teks-deskripsi 


Shabrina Alfari Jan 2, 2018 


Bahasa Indonesia_7.jpg

RG Squad, kalian sering dong membaca berbagai tulisan? Pada dasarnya, tulisan terbagi menjadi dua bagian besar, yaitu fiksi dan non-fiksi. Tentu membaca fiksi merupakan kegiatan yang menyenangkan bukan? Tetapi, bagaimana dengan teks non-fiksi? Teks non-fiksi ini terbagi lagi menjadi berbagai jenis tulisan, salah satunya teks deskripsi. Jadi, sebenarnya apa sih,  pengertian teks deskripsi itu sendiri? 

Berdasarkan KBBI, kata deskripsi sendiri memiliki arti pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci. Yup, teks deskripsi merupakan pemaparan secara jelas mengenai sesuatu. Tentu penjelasan ini membutuhkan detail-detail dari hal yang dijelaskan dalam teks tersebut. Menurut Utorodewo (2007), tujuan dari teks deskripsi adalah menggambarkan bentuk objek pengamatan, sifatnya, rasanya, atau coraknya dengan mengandalkan pancaindra dalam proses penguraiannya.

kaidah kebahasaan teks deskripsi.png

Jadi, jika Squad ingin membuat teks deskripsi tentu masukkan hal-hal yang sudah kamu amati terlebih dahulu ya. Misalnya, kamu ingin membuat teks deskripsi mengenai gunung. Kalian bisa memulai dengan “dari kejauhan, gunung tersebut berwarna hijau”. Warna hijau tersebut menjelaskan bahwa hal tersebut dapat dilihat oleh mata kamu, Squad. Selanjutnya, kamu bisa jelaskan, misalnya, udara di pegunungan tersebut dingin. Hal ini menjelaskan hal yang bisa kamu rasakan melalui panca indera kamu. Mudah bukan? Perhatikan contoh berikut ini.

 

Sekolahku

Sekolahku tampak bersih. Halamannya luas dan ditumbuhi rumput-rumput hijau yang membuat suasana tampak sejuk. Selain itu, di halamannya ada pohon Beringin yang cukup lebat. Ruang kelas sekolahku cukup besar. Semua lantai ruangan menggunakan keramik. Dinding kelasnya berwarna kuning. Warna cat pintu dan jendelanya berwarna hijau.

(contoh diambil dari https://www.belajarbahasaindonesia.com/contoh-teks-deskripsi-singkat/)

Baca juga: Teks Deskripsi dan Unsur-Unsurnya

Contoh di atas jelas merupakan teks deskripsi. Dengan membaca teks tersebut, Squad tentu dapat membayangkan bagaimana ruangan sekolah tersebut berbentuk ‘kan? Tulisan jenis ini juga biasanya digunakan untuk menulis karya ilmiah. Jangan lupa, saat membuat teks deskripsi, tulis teks secara kronologis, ya Squad. Hal ini bertujuan untuk membuat teks lebih terstruktur sehingga orang lain yang membaca tulisan kalian tidak bingung.

pengertian teks deskripsi

Jadi, tentu sekarang RG Squad sudah mengerti apa itu teks deskripsi bukan? Mulailah berlatih membuat teks ini agar kalian terbiasa! Supaya makin paham kalian juga bisa latihan di ruangbelajar. Ada video animasi, latihan soal, dan rangkuman yang pastinya akan membantu kamu semakin paham.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar