Rabu, 19 Agustus 2020

19 Durian Terbaik Indonesia ada di Kalimantan Barat

 SUMBER :https://kumparan.com/hipontianak/19-durian-terbaik-indonesia-ada-di-kalimantan-barat-1rkEimQyw1u/full


19 Durian Terbaik Indonesia ada di Kalimantan Barat
Berbagai durian unggulan ditampilkan pada Festival Durian Bumi Khatulistiwa. Foto: Teri/Hi!Pontianak
Hi!Pontianak - Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji, mengungkap Kalimantan Barat memiliki potensi dalam penanaman dan penjualan buah durian, sebagai produk pariwisata. Hal tersebut juga dibuktikan dengan terpilihnya 19 varietas durian unggulan yang ada di Kalimantan Barat.
ADVERTISEMENT
19 varietas durian tersebut, tersebar di beberapa kabupaten dengan daerah yang memiliki kondisi tanah subur, atau cocok untuk ditanami buah durian. Seperti Kabupaten Sanggau, Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Melawi, Kabupaten Landak, hingga Kabupaten Kapuas Hulu.
19 Durian Terbaik Indonesia ada di Kalimantan Barat (1)
Setidaknya ada 19 varietas durian unggulan berskala nasional ada di Kalimantan Barat. Foto: Teri/Hi!Pontianak
Dilansir dari akun resmi Open Data Kalimantan Barat, Kabupaten Sanggau memiliki 12 varietas durian terpilih, mulai dari durian Aspar, Lokad, Manjar, Raja Mabah, Rinbud, Sawah Mas, Serumbut, Torong, Belening, Jemungko Kuning, Slipi, dan durian Tembaga.
Sanggau merupakan Kabupaten terbanyak penghasil varietas durian unggul. Selain itu, ada juga beberapa durian unggul dari Kabupaten Kubu Raya, mulai dari durian Jarum Mas, Lawit, Kelempeng, dan durian Berkat.
19 Durian Terbaik Indonesia ada di Kalimantan Barat (2)
Lebih dari 100 jenis durian ikut dalam kontes durian se-Kalimantan Barat. Foto: Teri/Hi!Pontianak
Untuk di Kabupaten Melawi, terdapat durian Mansau, yang menjadi varietas unggulan di Kabupaten tersebut. Di Kabupaten Landak, ada durian Kalapet, dan di Kabupaten Kapuas Hulu terdapat durian Empakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar