Rabu, 19 Agustus 2020

Mengenal Durian Kalbar, Indonesia, dan Mancanegara

 SUMBER : https://umkmkalbar.id/info-umkm/mengenal-durian-kalbar-indonesia-dan-mancanegara/

 

Durian namanya, siapa sih yang tidak kenal dengan buah berduri ini? Terlebih lagi Kalimantan Barat yang memiliki durian yang berlimpah. Durian adalah salah satu potensi komoditas UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) bernilai ekonomi sangat tinggi bila dikelola dan diolah menjadi produk.

Namun bila kita telusuri ke belakang, darimanakah asal buah ini? Yuk, kita lihat sejarahnya dulu.

Sejarah Singkat

Sejarah mencatat, durian adalah tanaman tropis asli Asia Tenggara. Nama durian sendiri diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri.

Durian juga memiliki banyak nama lokal. Nama terbanyak ditemukan di Kalimantan, dengan penduduk lokal memberi nama berbeda pada berbagai varietas dan spesies yang berbeda. Di Pulau Jawa, dikenal sebagai duren (bahasa Jawa, bahasa Betawi) dan kadu (bahasa Sunda). Di Sumatra dikenal sebagai durian dan duren (bahasa Gayo). Sedangkan di Pulau Sulawesi, masyarakat Manado menyebutnya duriang, sementara di Toraja, duliang. Kota Ambon dan Kepulauan Lease mengenal buah berduri ini sebagai Doriang, dan di Pulau Seram bagian timur disebut rulen.

Indonesia adalah salah satu negara penghasil durian paling produktif, dan masing-masing buah durian dari berbagai daerah di Indonesia memiliki ciri khas dan rasa yang bervariasi. Durian yang terkenal dari Indonesia dan negara-negara tetangga, antara lain:

1. J-Queen, Indonesia

Image Credit : Google Image Search

J-Queen adalah nama durian yang dikembangkan di daerah Banyumas, Jawa Tengah, J-Queen mempunyai rasa manis yang khas yang tidak mudah hilang meski sudah ditelan, disamping itu aromanya juga dikenal lebih menyengat dibandingkan durian jenis lain. Bentuknya sekilas terlihat mirip dengan durian lain: besar, dengan warna kulit cokelat kekuningan. Durian ini dibanderol hingga Rp14 juta per buah. Faktor tingginya harga disebabkan oleh J-Queen yang hanya dapat dipanen tiga tahun sekali.

Banyumas juga mempunyai beberapa varietas durian lokal unggulan yang sudah lebih dulu beredar di pasar, antara lain Bawor, Meriam, Mustika, dan Chery. Harga yang ditawarkan bervariasi, mulai dari Rp. 50.000 sampai Rp. 300.000 per kilogram.

2. Durian Kanyo, Thailand

Image Credit : Google Image Search

Durian Kanyo berasal dari Provinsi Nonthaburi, Thailand yang dijual Rp. 8.000.000 per butir, angka yang cukup fantastis untuk sebuah durian. Apa yang membuat durian ini sangat mahal? Karena durian ini sangat terbatas, karena setiap pohon hanya mampu berbuah tiga hingga empat butir per masa panen. Hal ini menyebabkan pembeli harus memesan beberapa bulan sebelum panen, biasanya yang bisa merasakannya hanya pejabat tinggi pemerintahan, lingkungan Kerajaan Thailand dan orang-orang kaya mempunyai akses untuk mendapatkan durian fenomenal ini.

Sejak 400 tahun yang lalu, Nonthaburi sudah diyakini menjadi tempat awal tumbuhnya beberapa varietas durian ternama seperti Monthong, Chanee, dan Kanyo.

3. Durian Musang King, Malaysia

Image Credit : Google Image Search

Durian jenis Musang King atau yang juga dikenal popular dengan nama Mao Shah Wang dikenal sebagai durian termahal di dunia. Musang King berasal dari Kelantan, salah satu negara bagian di Malaysia. Durian Musang King ini telah terbukti bisa hidup dan dibudidayakan di Indonesia. Yang membuat durian ini istimewa terletak pada rasa manisnya yang pas, tekstur daging yang lembut dan tidak terlalu lembek, serta aromanya yang harum semerbak. Daging duriannya sangat bersih dan tidak berserat, dengan warna kuning cerah yang semakin menggugah selera. Dari keistimewaannya saja sudah bisa kita mengerti kenapa durian ini bisa dihargai mahal dan wajib dicoba. Bagi para pecinta durian, tidak sah rasanya kalau ke Malaysia tanpa mencicipi durian ini.

Jika Anda merasa harga-harga durian diatas sudah keterlaluan, Anda akan semakin terkejut dengan jumlah uang yang harus dirogoh untuk sebuah Musang King. Musang King dibanderol dengan harga rata-rata Rp2,6 juta per kilogram. Tetapi harganya tidak menghalangi Musang king untuk diminati oleh berbagai negara di dunia seperti China, Singapura, Hong Kong, dan Australia.

4. Durian Tai Babi, Indonesia

Image Credit : Google Image Search

Kembali ke durian Indonesia, Durian Tai Babi asal Bangka Belitung dikenal dengan durian dengan harga lumayan mahal dari Indonesia. Bagi pencinta durian, salah satu durian yang wajib dicoba yaitu durian Tai Babi atau durian cumasi. Dari namanya bukan karena ada yang berhubungan dengan babi tapi hanya penamaannya saja.

Penasaran dan ingin tahu apa saja yang membuat durian ini sebagai durian yang menjadi incaran bagi pencinta durian, yang membuatnya istimewa  terletak pada rasa yang lebih legit, manis sedikit pahit, dengan daging buah yang tebal dan bijinya sangat kecil.

Durian ini langka dan karena langka dibanderol dengan harga yang lumayan fantastis bagi durian Indonesia, yaitu Rp. 300 ribu perbuah. Perlu sekali durian ini untuk di lestarikan kembali, karena merupakan salah satu asset bagi Negara Indonesia untuk berbicara tentang buah ini di dunia.

5. Durian Monthong, Thailand

Image Credit : Google Image Search

Berbicara mengenai durian ini tidak lengkap bila tidak berbicara soal popularitas durian Thailand ini. Di seluruh dunia, namanya begitu terkenal, setiap orang yang berbicara mengenai durian tidak akan lupa dengan nama khas durian jenis ini. Ukuran dari dagingnya yang lebih besar dibandingkan durian yang lain menjadikannya lebih menggoda untuk dicoba. Rasanya pun beragam dari yg legit dengan rasa manis sedikit pahit hingga yang tekstur nya lembut dengan rasa manis. Harganya yang relatif terjangkau dipadukan dengan kualitas baik dan mudahnya ditemukan di pasar menjadikan durian monthong menjadi salah satu durian favorit semua kalangan. Harga satu kilo Durian Monthong berkisar Rp. 76.000 – Rp. 96.000,-

Durian Kalimantan Barat

Image Credit : Google Image Search

Sebagai penduduk Kalimantan Barat, kita harus bangga dengan durian kita. Tanaman durian di Kalimantan Barat dapat ditemukan di setiap penjuru provinsi, dan 14 Kabupaten Kota di Provinsi Kalimantan Barat memiliki sentra durian masing-masing. Bila di Kalimantan Barat sudah tiba saat musim durian, di setiap pojok kota dan pelosok bisa dengan mudah kita temukan pedagang durian. Durian sudah menjadi sebuah ikon kota Kalimantan Barat yang tak bisa dipisahkan dengan masyarakatnya. Ekonomi pun jauh lebih aktif dan menggeliat saat tibanya musim durian. Durian sudah menjadi buah yang di nanti-nantikan di Kalimantan Barat, baik oleh penduduk lokal ataupun pengunjung dari luar dan dalam negeri.

Salah satu durian terbaik dengan harga terjangkau di Kalimantan Barat datang dari kota Balai Karangan dan sekitarnya. Pada saat musim durian, durian berukuran sedang dijual dengan harga hanya Rp 10.000 – 15.000, dan yang berukuran besar seharga Rp 20.000-30.000 perbuahnya.

Varietas Unggul

Durian lokal Kalimantan Barat sudah ditetapkan menjadi varietas unggul, jenis dan asal antara lain Durian Balening, Durian Jemungko Kuning, Durian Serumbut, Durian Slipi, Durian Tembaga dari Kabupaten Sanggau, Durian Jarum Mas dari Kabupaten Kubu Raya dan Durian Empakan dari Kapuas Hulu. Dari jenis-jenisnya saja sudah membuat kita penasaran apalagi rasanya. Bagi penggemar buah durian, sangat wajib dicoba. Dijamin tidak akan menyesal setelah mencicipi durian khas Kalimantan Barat, malah bakal ketagihan dan ingin mencoba lagi.

Info terbaru mengatakan ada juga durian jenis baru yang mulai dilepas di Kalimantan Barat , antara lain Durian Mansau, Raja Mabah, Sawah Mas, Aspar, Kalapet, Lokad, Manjar, Rinbud dan Durian Torong.

Semoga dengan pelestarian buah durian di Kalimantan Barat bisa menambah sumber pendatapan bagi para masyarakat yang mengembangkan buah durian, karena bisa beberapa kali dalam setahun masyarakat Kalimantan Barat dimanjakan oleh buah durian lokal. Besar harapan kami kelestarian Buah Durian dan buah-buahan lain di Kalimantan Barat dapat tetap terjaga dan dinikmati oleh semua lapisan masyarakat Kalimantan Barat, Indonesia, hingga dunia.

Salam umkmkalbar.id

Mari tumbuh dan maju bersama UMKM Kalbar!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar